(TUGAS 3) Perbandingan Situs-situs E-tailing

(TUGAS 3)
MEMBANDINGKAN SITUS E-TAILING: Amazon.com, Barneandnoble.com, Mizan.com, Bhinneka.com, dan Fastncheap.com
Amazon.Com
Dari segi tampilannya, amazon.com lebih terlihat mewah dan space yang lebar dengan kesan luas. Ketika kali pertama masuk, kesan pertama yang mungkin timbul dari para user, situs ini menyenangkan untuk buat berbelanja secara online, sehingga para user biasanya betah untuk browsing atau surfing di amazon.com. Produk yang ditampilkan sudah digolongkan sesuai dengan kategori yang disediakan oleh amazon.com. Dan yang menjadi keunggulan di sini adalah tampilannya yang selalu baru atau update terus menerus. Sebagai contoh, penulis melakukan browsing pertama kali pada Kamis, 19 Maret 2009 pada pukul 14.00 WB. Namun, pada pukul 21.00 pada hari yang sama, tampilannya sudah berganti dengan produk yang baru dan lebih bagus lagi dari sebelumnya. Hal yang sama juga terjadi ketika browsing dilakukan kembali pada keesokan paginya. Keunggulan lain adalah situs ini pada gambar bukan tulisan. Tiap produk yang ditawarkan diwakili dengan display produk itu sendiri. Sehingga, para user yang ingin membeli produk, khususnya produk-produk baru, tidak perlu berandai-andai seperti apa bentuk atau warna dari produk baru itu.
Namun, dari setiap tampilan display, produk tidak selalu disertai dengan cantuman harga. Dengan demikan, “memaksa” para user untuk meng-click produk tersebut jika user ingin tahu harga yang ditawarkan. Ketika sudah masuk pada produk yang diinginkan, user kembali dihadapkan pada berbagi pilihan yang menarik. Sebagai contoh, kita tertarik pada new item yang ditawarkan, misalnya iPod. Maka, tidak hanya iPod yang kita klik tadi yang muncul, tetapi berbagai jenis iPod yang lain dan MP3 Player lain ikut ditampilkan. Hal ini mungkin saja terjadi karena iPod tadi masuk dalam kelas MP3 Player dalam katalog amazon.com. Bila sudah masuk dalam kategori-kategori itu, barulah muncul harga yang ditawarkan. Harga yang ditawarkan pun sudah dibuat sedemikan rupa sehingga produk menarik untuk dibeli dengan segera. Ada tampilan harga asli (list price) dan harga special khusus pembelian di amazon.com (our price) dengan keterangan biaya yang dapat dihemat customer bila membeli di amazon.com.

Barneandnoble.Com
Berbeda dengan amazon.com, ketika pertama kali masuk dalam situs ini, maka kesan pertama kali yang muncul adalah membosankan. Hal ini dikarenakan tata letak display produk yang rapat dengan sedikit space dan terlalu banyak tulisan. Banyak tulisan di sini maksudnya, produk tidak diwakili dengan gambar atau display produk itu sendiri tetapi dengan keterangan-keterangan berupa text. Hal ini sangat mengganggu karena user ataupun customer baru yang ingin membeli harus direpotkan dengan mencari dengan teliti di mana kira-kira produk yang mereka inginkan sekalipun ada katalog atau kategori produk yang diinginkan.
Berbicara mengenai kategori atau katalog produk yang ditawarkan, barneandnoble.com kurang beragam. Berbeda dengan amazon.com yang memiliki beragam katalog mulai dari yamg paling sering dicari hingga yang paling jarang dijual secara online, misalnya alat olahraga dan perhiasan. Dengan kata lain, amazon.com sudah ke arah e-mall dimana produk-produk sangat lengkap mulai dari pendidikan, hiburan, lifestyle, elektronik, perkantoran, perumahan, anak-anak, dewasa, remaja, hingga produk-produk yang ramah lingkungan. Sangat berbanding jauh dengan barneandnoble.com. yang sebenarnya sudah lengkap produknya, namun tidak menerapkan one stop service. Sistem ini ada di amazon.com dimana pelanggan kemungkinan besar mendapatkan apa yang mereka inginkan.
Namun, barneandnoble.com memiliki kelebihan dalam pemasangan atau penawaran harga. Situs ini memasang tiga tingkat harga, yaitu harga pasar, harga versi barneandnoble.com, dan harga khusus member yang bedanya cukup besar dari tiap tingkatan. Perbedaan harga ini mungkin menjadi senjata barneandnoble.com dalam menggaet para calon customer baru. Sebab, mau tidak mau mereka akan masuk menjadi member hanya untuk mendapat harga yang lebih murah. Dengan demikian maka akan menambah pelanggan secara otomatis.

Bhinneka.com
Tampilan situs bhinneka.com untuk ukuran sekelasnya bisa dibilang mewah dan sangat menarik. Kesan pertama yang muncul ketika masuk situs ini adalah situs ini khusus untuk produk komputer, laptop, PDA, kamera, serta produk-produk yang berhubungan dengan komputer seperti LCD, software, antivirus, dan produk lain yang tergolong gadget. Dan kesan lain yang muncul ketika masuk, situs ini serasa ditujukan untuk segmen pasar menengah atas, atau malah bisa dibilang kelas atas. Hal ini diperkuat dengan penampilan harga rata-rata dalam ukuran dollar. Namun, mereka yang merasa bukan kelasnya, tidak perlu kuatir karena bhinneka.com menyediakan sistem kredit dengan cicilan BCA. Produk yang ditawarkan pun tidak main-main. Rata-rata barang di sini adalah produk dengan brand yang terkenal dan dikenal masyarakat awam sebagai produk mahal, misalnya: HP, Apple, iPod, iPhone, Microsoft, DEL, dan lain sebagainya. Yang menarik dari situs ini adalah selain bhinneka.com menggolongkan produk secara umum, bhinneka.com juga menggolongkan produk dari tingkat harga, brand,dan kategori produk mana yang tergolong paling baru, banyak dicari, dan limited edition.

Fastncheap.com
Hampir sama dengan bhinneka.com. Situs ini memiliki tampilan yang menarik sekalipun tidak semewah bhinneka.com. Kesan pertama yang muncul ketika masuk dalam situs ini adalah situs lengkap untuk produk komputer, sebab produk dikategorikan secara terpisah dari bagian komputer itu sendiri. Dengan kata lain, situs ini memang khusus untuk menjual peralatan komputer secara lengkap. Sebagai contoh kategori, misalnya monitor, input device, memory, processor, dan sebagainya. Yang menjadi kelebihan dari situs-situs yang lain adalah adanya tampilan comment dari pelanggan (Komentar pelanggan kami) yang isinya ucapan terimakasih kepada fastncheap.com bahwa produk yang mereka pesan sudah diterima dalam kondisi baik. Adanya tampilan comment ini menjadi promosi gratis bagi mereka yang baru pertama kali masuk dan ingin bertransaksi secara online. Sebab, dengan adanya comment ini, para pelanggan baru lebih yakin bahwa transaksi di fastncheap.com terjamin keamanannya. Untuk tampilan harga, harga dipatok dalam mata uang Rupiah. Dan kelebihan lain adalah produk yang ditawarkan dari berbagai merk, mulai dari yang terkenal maupun merk yang dikenal masyarakat sebagai merk alternatif yang lebih murah. Hanya saja, tampilan yang menarik ini hanya diluar atau halaman utama dari fastncheap.com. Ketika kita mulai masuk dalam tiap kategori, misalnya kita pilih memory, maka yang tampil adalah daftar berbagai memory dalam bentuk text (list). Hal ini cukup membosankan bagi mereka yang tidak tahu bagaimana memory yang sedang dibutuhkannya. Tapi, bila kita ragu-ragu, cukup click memory yang diinginkan untuk melihat informasinya.

Mizan.com
Mizan.com merupakan situs yang mennggeluti usaha penjualan buku-buku secara online. Inti usahanya adalah buku-buku Islami, namun situs ini juga menyediakan buku-buku lain yang tergo;ong nonfiksi, sri bisnis, ataupun kategori buku yang lain. Berbeda dari situs-situs di atas, tampilan situs ini sangat sederhana, tapi tidak murahan. Pertama kali kita masuk dalam tampilan utama, maka kita sudah disuguhi dengan cerita singkat atau ringkasan beberapa buku. Di sebelah kananya ditampilkan daftar buku terbaru dan buku terlaris lengkap dengan harga dalam satuan Rupiah dan cerita singkat dari buku tersebut.

Tag: , ,

Tinggalkan komentar